Manfaat Internet Bagi Masyarakat




PERKEMBANGAN dan penerapan teknologi komunikasi banyak memberi manfaat bagi kehidupan manusia. Sebagian dari manfaat itu dicerminkan oleh peran yang dimainkan media internet dalam kehidupan manusia. Menurut  David T Hill dan Krisna Shen, internet sebagai  medium baru yang telah dirasakan oleh masyarakat dunia. Dan sekarang Internet telah menyatu dengan keseharian masyarakat sehingga akses informasi makin mudah didapat dan interaksi antar manusiapun tak perlu bertemu secara fisik.Dalam hal ini, internet menjadi sebuah media baru yang revolusioner di dunia, karena merupakan perkawinan antara media cetak, audio, dan video yang menawarkan komunikasi dua arah. Diamana ketika kita bertukar pesan lewat email dengan siapapun, maka kita sudah menyadari bahwa komunikasi dua arah bisa terjadi lewat internet. Misalnya, sekarang ini sudah ada banyak situs jejaring sosial, twitter, netlog dan lain-lain yang memungkinkan kita untuk berinteraksi secara lebih intensif.

Manfaat Internet Bagi Masyarakat


Perlu diketahui bahwa teknologi internet hadir sebagai media yang multifungsi. Komunikasi melalui internet dapat dilakukan secara interpersonal misalnya email dan chatting atau secara massal, yang dikenal one to many communication (misalnya mailing list). Internet juga mampu hadir secara real time audio visual seperti pada metode konvensional dengan adanya aplikasi teleconference. Berdasarkan hal tersebut, maka internet sebagai media yang memiliki banyak fungsi dan memberikan manfaat bagi masyarakat.
Adapun maanfaat dari media internet yang diperoleh oleh masyarakat yakni: masyarakat bisa mendapatkan informasi online  untuk kehidupan pribadi meliputi info kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani, sosial. Selain itu, masyarakat juga dapat mengakses informasi online untuk kehidupan profesional/pekerja  meliputi informasi sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita politik, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, dan berbagai forum komunikasi. Lebih dari itu, internet" bagi masyarakat adalah untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan yang luas. Tidak terbatas pada buku, guru atau sekolah.
Dari "internet" masyarakat bisa memperoleh semua informasi yang diperlukan dengan cepat dan mudah, tanpa harus beranjak dari tempat duduk di depan monitor. Keterbatasan waktu untuk membaca buku bisa teratasi dengan solusi dari internet. canggihnya "internet" memungkinkan kita untuk saling berkomunikasi secara tak terbatas. Tidak terbatas ruang dan tempat, mungkin ini juga bisa dilakukan dengan handphone. Tentu saja, tetapi dengan jejaring sosial seperti Facebook di "internet", memungkinkan kita untuk menemukan teman lama yang tidak pernah bertemu karena masalah tempat, menemukan teman-teman baru dari berbagai wilayah, bahkan menemukan informasi orang-orang kita ingin ketahui keberadaanya. Semua bisa dan mungkin dilakukan di jejaring sosial.
Manfaat Internet Bagi Pelajar
Jejaring sosial internet sebagai sarana informasi yang cukup efektif dan efisien bagi pelajar/siswa. Karena  internet telah melahirkan banyak media online seperti blog atau situs yang dijadikan sebagai media untuk menyebarkan berita dan informasi yang menyediakan beragam materi. internet juga bisa digunakan sebagai media diskusi ilmiah online. Dengan internet, pelajar/siswa bisa mengadakan diskusi dan saling tukar informasi.
Hal ini membuktikan bahwa peran media dapat memberikan akses komunikasi dan informasi bermanfaat bagi pelajar/siswa dan bisa membuat pelajar/siswa memiliki pengetahuan yang luas dalam cakupan dunia, sehingga segala ilmu yang ada bisa dipelajari yang pada akhirnya bisa meningkatkan kecerdasan dan pengetahuan yang luas dikalangan pelajar/siswa.
Selain itu media internet juga memungkinkan untuk melakukan interaksi antara Guru/dosen dan Pelajar/mahasiswa baik dalam bentuk real time (waktu nyata) atau tidak. Dalam bentuk real time dapat dilakukan misalnya dalam suatu chatroom, interaksi langsung dengan real audio atau real video, dan online meeting. Selanjutnya, yang tidak real time bisa dilakukan dengan mailing list, discussion group, newsgroup, dan buletin board.
Jadi, Internet merupakan salah satu solusi yang dapat mengubah sistem pembelajaran konvensional dengan sistem pembelajaran yang lebih efektif dan efesien dengan dukungan sarana dan prasarana yang memadai. Pembelajaran dengan memanfaatkan sarana teknologi informasi melalui jaringan internet merupakan salah satu alternatif yang tepat dan dapat mengatasi berbagai persoalan pembelajaran.
Penutup
Dengan adanya internet, perkembangan peradaban manusia semakin pesat. Ilmu pengetahuan dan teknologi memungkinkan untuk berkembang sehingga berbagai gaya hidup pun terdorong perkembangannya dengan keberadaan internet. Dan  berbagai informasi mengenai ilmu pengetahuan dapat dengan mudah diakses melalui internet. Jadi, internet merupakan jendela pengetahuan selama penggunaannya di arahkan ke arah yang baik.

Referensi:
Anonim, 2012. "Internet Sarana Inovasi Pendidikan". (Online) melalui: http://depizalfa.blogspot.com/2012/07/internet-sarana-inovasi-pendidikan.html. (Diakses Pada 18 Mei 2013. Pukul: 21.30. WIB.)

Anonim, 2010. “Internet Sebagai Sumber Belajar Alternatif Siswa”. (Online) (Melalui: http://kamurang.blogdetik.com/2010/12/10/internet-sebagai-sumber-belajar-alternatif-siswa/diakses pada 13 Mei 2013. Pukul: 09.15. WIB.)
Anonim, 2011. “ Membangun komunitas Belajar Melalui pemanfaatan Web. Blog sebagai sarana Informasi Dan Komunikasi Mahasiswa Universitas Terbuka”. (Online) (Melalui:http://cak-a6.blogspot.com/2011/01/membangun-komunitas-belajar-melalui.html. Diakses pada 10 Mei 2013. Pukul:  11.30. WIB.)
Gun Gun Heryanto, Irwa Zarkasi. 2012. Public Relations Politik. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.        
Laely Widjajati, 2013. “Manfaat Internet Bagi Masyarakat”. (Online) (Melalui: http://laely-widjajati.blogspot.com/2013/02/manfaat-internet-bagi-masyarakat.html. Diakses pada 22 Mei 2013. Pukul: 10.30. WIB.)
M. Zuhri Ni'am, 2011. “ Karya Tulis “Peranan Internet Terhadap Prestasi belajar Siswa” . (Online ) melalui: http://muhammadzuhri.wordpress.com/2011/11/15/karya-tulis-peranan-internet-terhadap-prestasi-belajar-siswa/diakses pada 13 Mei 2013. Pukul: 08.21. WIB.)
Nunung  Prajarto, 2006. “ New Media Dan Demokrasi: Menimbang Peluang” , Dalam Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Volume 9, nomor 3.
Rismayeti. 2011. “Manfaat Internet Dalam Jejaring Sosial”. (Online) (Melalui: http://rismayeti.wordpress.com/2011/12/12/manfaat-internet-dalam-jejaring-sosial/diakses pada 17 Mei 2013. Pukul: 14.15. WIB)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

“Keri Laran Sabalae” Nia Istória Luta

Pesona Indah Pulau Jaco

Sebuah Catatan Perjalanan ke Pulau Atauro